Halo Travelicious, ada rencana apa weekend ini? Aku mau kasih rekomendasi destinasi yang ada di Banten, nih. Hayo, sudah seberapa sering kalian dengar provinsi Banten? By the way, saat ini, aku kuliah di satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Banten. Pertama kali orang luar Banten, kalau denger kata Banten pasti identik banget sama yang namanya debus dan hal-hal mistis.

Begitupun juga temanku, saat dia mengetahui aku melanjutkan kuliah di Banten, dia mengamanati aku, “Hati-Hati ya di Banten. Rajin solat, banyak doa sama dzikir kalo lagi dijalan, jangan bengong” Walaupun aku tinggal di Tangerang, aku bersekolah di Jakarta. Selama tiga tahun aku hidup dengan "pergi Subuh pulang Isya". Bagaimanapun juga, itu terkesan seperti kamu harus jaga diri baik-baik kalau di Banten, padahal kan dimanapun juga ya kita harus serba hati-hati.

Selama kurang lebih dua tahun ini aku tinggal di Serang, ngerasain sih, jauhnya ke Jakarta. Biasanya hanya memakan waktu paling cepat 45 menit, semenjak aku tinggal di Serang, perjalananku paling cepat 2 jam. Satu hal lagi yang membuat agak bermasalah adalah ongkos (Biasalah mahasiswa hehe). Biasanya Rp. 4500 - Rp. 6500 sekarang, aku harus mengeluarkan biaya Rp. 25.000 - Rp. 30.000 untuk sampai Jakarta. Karena aktivitasku, aku cukup sering ke Jakarta. Bayangkan kalau saat itu harus PP Jakarta-Serang.

Sebenarnya inti dari postingan ini bukan kecemasan aku terhadap jarak dan biaya yang aku keluarkan untuk perjalanan ke Jakarta, sebagai  seseorang yang saat ini tinggal di ibukota Provinsi Banten, aku berkeinginan untuk mengenal Banten lebih jauh. Berbagai cara aku lakukan, mulai dari maksa teman sampai musuhin temen. Oke, terlalu hiperbola kalau dibilang ‘musuhan’, nggak musuhin juga, sih.. Kebetulan hanya ngambekin~

Latar belakang lahir di Jakarta dan 3 tahun SMA di Jakarta membuat aku nggak tau sama yang namanya pantai. Selama ini, pantai yang aku tau hanya satu, yaitu Ancol. Itu tuh, kubangan air yang hits banget, nggak pernah sepi. Maaf agak menyedihkan. Makanya, pas ada kemunculan kepulauan Seribu, Pulau Pari, Semak Daun, dll, cepet banget kan hitsnya? Karena sebelumnya memang nggak pernah ada yang kaya gitu. Berbeda sekali dengan Serang. Banyak akses untuk menikmati hal seperti itu, dan nggak kalah terkenalnya sama tempat hits lainnya macam pantai Kuta di Bali.

Makanya, malu lah kalau kuliah di Serang tapi mainnya masih ke mall, restoran fast food terus. Yaaa kali-kali gapapa deh, biar nggak lupa rasanya kaya apa, hehehe..
Jadi, apa aja sih destinasi yang ada di Banten?

1.       Pulau Merak Besar dan Kecil
Pulau ini masih terbilang sangat baru. Masih alami, sangat alami. Masih ada hutan rimbun dan hewan liar
Untuk menuju kesana:
Via tol, keluar di tol Cilegon Barat, belok ke kanan, lurus sampai Polsek Pulomerak yang ada di sebelah kiri. Nah, di sebelah polsek pulomerak ada gedung yang kalau masuk ke dalam ada tempat parkiran. Itu untuk parkir kendaraan pribadi kalian. Kalau naik umum, naik bus yang kearah Merak, nanti turun di polsek pulomerak, tinggal jalan ajadeh.. Untuk menyeberang ke pulau itu, cukup bayar Rp.15.000 ke Pulomerak Besar dan Rp.10.000 kalau ke Pulomerak Kecil. Harganya sudah untuk PP kapal ya. Disana masih sepi banget, nggak heran, kalau kesana hanya ada kamu. Sebenernya, untuk ukuran pulau yang sudah biasa ke pulau, ini nggak recommended. Tapi untuk kamu yang mau ngerasain private island, ya bisalah datang kesini.
  
2.       Pantai Tanjung Lesung
Ini juga bisa dikategorikan private beach. Tapi, kemungkinan nggak hanya kamu yang kesini, ya paling ada satu atau dua kelompok juga yang datang ke tempat yang sama di saat weekday. Kalau weekend katanya sih rame. Untuk datang kesini, kamu bisa langsung jalan ke arah Labuan (Pandeglang). Nanti sudah ada petunjuk jalannya, karena destinasi ini sudah cukup terkenal dan sudah ada pengembangnya. Tempat ini recommended banget buat kamu yang ingin snorkling. Disana kamu bisa Snorkling, Banana Boat, Speedboat, dan ke pulau. Untuk menikmati Snorkling dan Banana Boat, kamu harus membayarnya masing-masing Rp. 90.000/orang, sedangkan, untuk menyebrang sekitar Rp. 135.000/orang.

3.       Banten Lama
Nah, ini adalah destinasi yang anti mainstream. Untuk sebagian orang, mungkin ini bukan destinasi. Karena, orang-orang yang kekinian itu lebih milih destinasi sejenis pantai atau gunung dibandingkan historical destination. Yap, Banten Lama adalah tempat bersejarah. Dulu, para pejuang menggunakan benteng ini untuk melindungi diri dari perlawanan Belanda. Tempat ini juga sering digunakan untuk lokasi syuting film semacam Ind*siar. Banten Lama ini berlokasi di wilayah Kasemen. Kalau via tol Jakarta, keluar di gerbang tol Serang Timur, nanti sudah ada petunjuk arah ke Banten Lama, kok. Untuk masuk kesini tidak ada biaya masuk. Tapi hati-hati untuk memparkir motor, karena disini tidak ada tempat khusus untuk memarkir kendaraan di jarak yang dekat, jadi jangan lupa kunci ganda kendaraanmu ya.

4.       Pantai Anyer, Pantai Carita, Pantai Sawarna
Kenapa digabung? Soalnya sama-sama pantai~ Kalau diurutkan sesuai recommended dan jarak terjauh jadi gini, Pantai Sawarna - Pantai Carita - Pantai Anyer. Pantai Anyer dan Carita ini sering dijadikan tempat malam keakraban para pelajar / mahasiswa dan acara dari institusi pemerintahan, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari tol dan banyaknya pilihan villa, dari yang harganya semahal Marbella hotel, sampai cottege-cottege kecil. Pilihannya sangat beragam. Rata-rata permalam Rp.1.500.000 untuk cottege. Selain itu, ada juga penyewaannya berbentuk saung, itu bisa jadi alternatif kamu yang nggak berkeinginan menginap.

5.       Pulau Oar, Pulau Peucang, Pulau Umang
Anyway, lokasinya berdekatan dan belum banyak didatangi oleh wisatawan. Dari beberapa sumber yang aku denger, pulau umang adalah pulau yang paling eksotis, dan paling mahal. Suka menjadi lokasi untuk pre wedding. Nah kalau Pulau Oar, sekali menyeberang sekitar Rp. 600.000/kapal. Nah, semakin banyak orang akan semakin murah.

6.       Pelabuhan Karangantu
Pelabuhan Karangantu adalah pelabuhan untuk mengakses Pulau Dua, Tiga, Empat, Lima, dan Pulau Tunda. Nah, lokasinya ada di Serang, nih.. Aku sendiri merekomendasi pulau Lima. Tapi, kalo udah kesana sekalian ke pulau lainnya ya. Oh ya, disana kalian bisa snorkling dan banana boat loh, seru kan?

7. Bukit Teletubbies / Suralaya
Bukit ini dinamakan bukit Teletubbies karena warnanya hijau muda seperti bukit yang ada di film Teletubbies. Bukan seperti pada bukit pada umumnya yang akan memanjakan kamu dengan pemandangan yang serba hijau, dari bukit Teletubbies ini, kamu juga bisa melihat indahnya selat sunda. Paduan laut dan gunung memang tidak ada duanya, kan? :) Untuk masuk kesini tidak ada biaya masuk.

8. Batu Lawang
Yap! Batu Lawang juga merupakan salah satu destinasi di Banten. Sesuai namanya, di destinasi ini, banyak sekali batu-batu besar yang bisa kamu jadikan objek foto. Tips aku kalau kamu kesini, daki sampai atas, ya :)) Karena udara dari batu yang berada di puncak terasa sangat tenang. Ini merupakan tempat favoritku karena sangat cocok untuk hunting. Untuk masuk kesini tidak ada biaya masuk.

9. Rawa Arum
Ini merupakan danau yang dijaga kebersihannya, sehingga danaunya terlihat bagus karena tertata dan terawat dengan rapi. Selain kamu bisa menikmati pemandangan, disini juga bisa loh, main bebek-bebekan, hehehe~ Untuk masuk kesini tidak ada biaya masuk.

10. Palm Hills
Palm Hills atau biasa diartikan bukit palm adalah komplek dari Krakatau Steel. Destinasi ini tidak berbeda jauh dengan Bukit Suralaya, namun kamu harus ke Palm Hills saat malam tahun baru, karena kamu bisa melihat kembang api dari keseluruhan kota Cilegon dan Serang. Keren, kan?
 

Leave a Reply

Lucky Clover